HomeСпортRelated VideosMore From: Info Bergerak

Terungkap !!! Sejarah dan Asal Usul Suku Dayak Yang Sebenarnya

622 ratings | 138351 views
Terungkap !!! Sejarah dan Asal Usul Suku Dayak Yang Sebenarnya Terungkap !!! Sejarah dan Asal Usul Suku Dayak Yang Sebenarnya Terungkap !!! Sejarah dan Asal Usul Suku Dayak Yang Sebenarnya ---------------------------------------------------------------- INFO BERGERAK Channel ------------------------------------------------ THANKS FOR WATCHING LIKE | SUBSCRIBE | SHARE ツ
Category: Спорт
Html code for embedding videos on your blog
Text Comments (163)
NUR CHAMID (1 month ago)
Saya berasal dari kalteng, kami berbahasa tamuan, ngaju dan banjar
NUR CHAMID (1 month ago)
Dalam sejarah yang tercatat suku dayak adalah pendiri kerajaan pertama di Nusantara yaitu kerajaan Kutai kartanegara yaitu kerajaan Hindu pertama dengan Raja pertama Kudungga
Rudy Natalisman (1 month ago)
Saya suku Dayak Maanyan. Prtahankan karakteristik, adat, dan budaya kita apapun anak sukunya agr terus eksis....Salam utk saudaraku suku Dayak dimanapun sdr berada...
Alfianita 31 (1 month ago)
halo semuanya saya keturunan dayak tunjung 😁
Ahmad J1 (1 month ago)
Jawa suka Kalimantan,,,,asal jangan Aceh babi # salam kedjawen
ady hart (2 months ago)
ujar siapah luh?
Ren John (2 months ago)
salam dari dayak sabah borneo..kita serumpun semua dayak2 borneo. sabah sarawak kalimantan dan brunei...❤❤❤❤❤❤
Andre Tjia Tjia (2 months ago)
Ohhhh msh turunan
Yoga Ferdinan (2 months ago)
Hidup Dayak..saya dari Dayak ketungau
Siti Rahmawati (2 months ago)
Keluar lu suara aneh ...!!
Lyy Cot (2 months ago)
Slm semangat Dayak , dri kltim dyk tunjung
Oppo New (3 months ago)
hidup dayak jaya lh dayak
Wonge Tuek (3 months ago)
KALIMANTAN DILEWATI GARIS KATULISTIWA !!!!!! JADI SUKU YG KULITNYA YG PALING COKLATLAH YG BOLEH MENGAKU PENDUDUK ASLI KALIMANTAN .TAPI KALO KULITNYA KUNING MATANYA SIPIT .YA DITERTAWAKAN KUDA !!!!!! SUDAHLAH YG PENTING JANGAN SOK JAGOAN SOK SAKTI DAN TIDAK MENANG SENDIRI !!!!! KALO TIDAK INGIN BANYAK MUSUH !!!!!!! APALAGI NENTENG2 SAJAM SECARA PROVOKATIF.DAN SEBENARNYA ITU PELANGGARAN HUKUM !!!!! BISA DITUNTUT 15 TAHUN .APALAGI SEBENTAR LAGI ADA PERGANTIAN GUBERNUR .
Wonge Tuek (3 months ago)
KALO SEJARAH DITARIK KEBELAKANG SEMASIH DARATAN ASIA MENYATU TERLALU JAUH BROW !!!!!! TAPI KALO DAYAK DARI DARATAN CINA DGN RAS MONGOLIT SAMA DGN TENTARA TARTAR DARI CINA YG DIPECUNDANGI OLEH PRAJURIT MOJOPAHIT DIBAWAH PANGLIMA RONGGOLAWE PANGLIMA LEMBUSURO DLL DGN RAJANYA RADEN WIJAYA YG BERGELAR RAJASANAGARA !!!! DALAM PELARIANNYA TENTARA TARTAR KENEGERI CINA MELEWATI KALIMANTAN DAN BANYAK TENTARA TARTAR INI MENETAP DIHUTAN KALIMANTAN YG SAAT ITU DIBAWAH KEKUASAN MELAYU HINDU SRIWIJAYA .DAN PELARIAN TENTARA TARTAR ITU TERJADI PADA TAHUN 1294 M .DAN PADA ABAD TERAKHIR BANYAK PENDATANG DARI CINA MENYUSUP KEPULAU KALIMANTAN !!!!! KALO PENDAPAT SAYA INI MASUK AKAL !!!!! WONG KULITNYA ORANG DAYAK MASIH KUNING MIRIP CINA BEGITU JUGA RAUT MUKANYA DAN ADAT ISTIADAT YA SILATNYA SAJA KUNTAU DAN PEDANGNYA MANDAU MIRIP DICINA SANA ,!!!! INI KALO PERCAYA KALO TIDAK TERSERAH ,!!!!! .
Sobirin Predator (3 months ago)
Orang dayak harus tau sejerah usak jawa
Daniel Padisman (3 months ago)
Saya Ini suku Nias Saya maw tanya apakah Suku dayak satu kerurunan Dengan Suku Nias yang ada di Kepulauan Nias Sumatera utara, sebab Asal usul suku Nias juga dari Mongoloid... dan kalau saya perhatikan Suku Dayak mirip Sama suku Nias... tolong di jawab ya..?
fairrymond filipi (3 months ago)
Dayak berasal daripada sarawak
oghi ismail (4 months ago)
SUKU IBAN LAH YANG AWAL MENDIAMI BUMI BORNEO. Iban mendiami beberapa titik pulau borneo,,spti di iban bahari yg sekarang brunei,,ada iban di melinau. Dan iban di serawak...intinya iban suku tertua di kalimantan...barulah muncul bangsa" lain dari ras cina-mongol yg dari dataran rendah cina selatan...karena keganasan perang yg terjadi..
tipan kadir (4 months ago)
Asal usul suku2 dayak di borneo itu tdk jelas nenek moyangnya dari mana karena suku dayak itu sukunya ada ribuan dan asalnyapun tdk tahu dari negara mana2 tapi yg pastinya suku dayak itu suku tertua yg pertama mendiami pulau borne...dan kalau nenek moyang yg pertama manusia adalah adam.
Fahru Kamsiah (4 months ago)
saya juga keturunan dayak kaltim dayak paser, ini bohong dasarnya apa, kalau memang keturunan cina kenapa gk pakai bahasa cina kenapa malah pakai cawat gk pakai baju,kok malah sukunya banyak bahasanya berbeda beda adatnya juga beda,kalau memang dia pendatang pasti sudah habis dimakan sama binatang buas dan hantu hutan kalimantan, tapi nyatanya gak, yg bikin video asal..gak ada dasar gak masuk akal.
Mandau Terbang (5 months ago)
Hanya tuhan yg tau kbenaran.a jayalah dayak jiwa ragaku
Rio Alvonsius (6 months ago)
Saya asal suku Dayak, saya cinta suku dayak ....., buat orang Dayak dmanapun dapat salam dari kami dari dayak linoh
Yandi Fame Fame (6 months ago)
Salam budaya.saya Dayak Tunjung
Anto Cikal (6 months ago)
Salam Dari Paser Sodara
Syvester Bujang (7 months ago)
Saya iban , suku kaum dayak , dari kapuas kalimantan keturunan panggau
Wahyu Wicaksono (27 days ago)
bang klw saya pingin bikin tatto bungai terong bisa kan?meski bkan dari suku dayak,,,apa harus ada syaratnya terlebih dahulu...
Berny Beben (7 months ago)
Bangga saya jadi anak suku iban west borneo kapuas hulu.
dayak Banjar (8 months ago)
Mau banjar Kutai pasar keharingan dayak dea bakumpai kenyah iban Dayak daerah cantung meratus sungai durian sungai amandit semua itu Dayak..mau Dayak itu kawin sama bugis kawin sama jawa kawin sama suku apapun maka dia mengandung darah Dayak yg lahir di Kalimantan mnjdi pribumi Dayak... Yg harus nya bersatu
Lusiana vina (8 months ago)
Dayak kalimantan barat hadri..
dayak Banjar (8 months ago)
Berita nya banyak salah nya dr pd bnr nya berita cumpangcamping
Bex 33 (8 months ago)
Org2 luar kalimantan selalu buat opini seolah2 dayak adlh pendatang di kalimantan. Tujuannya agar mereka dr luar kalimantan bs mnguasai dan menguras kekayaan kalimantan.
bayu tri (9 months ago)
Nan sarunai di serbu majapahit di bantu tanjung puri , kemudian banyak orang singasari tergusur ke nan sarunai pula . Dan untuk dayak paser itu ada campuran dr bone karena melakukan kerja sama anatar bone dan nan sarunai . Anak cucunya diberikan tanah sesuai dengan tali persaudaraannya semakin jauh hubungan darahnya semakinnjauh dr pusat kerajaan , nan sarunai cikal bakal kutai dan kutai lama . Maka di balikpapan itu masih tanah asli raja kutai dan paser pun juga karena mereka di beri tanah jauh dari kerajaan sesuai tali darah
Rio Saputra (10 months ago)
Hidup dayak Ako urangk dayak man melayu
Edi Pehu (11 months ago)
Dayak ok slm anak dayak maanyan bartim
Deomedes Bontor (11 months ago)
Dayak Pesaguan Ketapang, Kalbar.
red craft (11 months ago)
Saya mau nya apa benar suku dayak dan banjar asli kalimantan tolong jawab video berikutnya
Banjar Ungah (9 months ago)
panda gemes yg jelas dayak dan banjar orang yg pertma yg berada di kalimantan. Kita semua berasal dari satu orang satu tanah. Dan menyebar ke seluarh dunia.
Reksy Reksy (11 months ago)
Hidup dayak saya orang dayak. Dayak ngaju dan dayak maayan berito
niko kill (11 months ago)
salam dayak dari sungei kahayan
aria mapas (11 months ago)
Salam Buat pemuda Dayak
Max Steel89 (11 months ago)
Bangga aku lahir sebagai seorang dayak..ooohhhaaaa..salam sayang dari aku etnik bidayuh sarawak✌✌
Ferdinand Apriyan (1 year ago)
Hidup suku dayak, aku juga suku dayak
Nando Indra (1 year ago)
Saya suka asal usul ndhyak
Yudi Bumsil XB (1 year ago)
Salam dari Banjarmasin
Kevin Chong (1 year ago)
Melayu=laut menetap ditepian sungai atau lautan. Suku melayu ini percampuran dayak dgn pedagang dari gujirat dan arab.
GAMERS GAUL SEJATI (8 months ago)
Kevin Chong bodoh lu malaysia
Kevin Chong (1 year ago)
Dayak punya arti. Dayak=dayuk=orang daratan. Dayak=darah=kuat dan pemberani=daya.
Kevin Chong (1 year ago)
Dayak tidak didatangkan dari luar kalimantan. Dayak terlahir dan dicimptakan Tuhan dayak yg kami kenal Jambata salujat. Dayak juga punya tiga org nabi. 1. Siru (pandai obat) 2. Silangak (ahli sihir) 3. Simani amas (ahli adat) Jambata Salujat Tuhan kami. Gunung suci kami Gunang bawangk gunung Jubata. Dayak ba katik rara bengkayang.
Ir. Wayne (1 year ago)
Akai lah..narain hindai lg ken?
Julia Dens (1 year ago)
kita satu Dayak bangsa pewaris sbenar tanah Borneo.Dayak Borneo.Seperti bangsa Jawa Indonesia yg tda bole di ubah suai.Dayak Kalimantan, Sarawak dan Sabah adalah satu bangsa DAYAK.
Julia Dens (1 year ago)
sejarah putar memutar....Dayak Kalimantan naik ke utara Borneo menjadi Dayak Dusun terbahagi kpd bberapa etnik...bukti besar budaya, Head Hunter ..
crocodile man (1 year ago)
Maaf,menurut saya dari HUNAN/PUNAN cina,lebih masuk akal...mereka menyebrang ke 3negara/wilayah..yaitu taiwan, Filipina,dan Indonesia (sebelum Indonesia menjadi NKRI)..merekalah yang pertama mendiami pulau Kalimantan. yang di sebut Dayak penghuni asli pulau Kalimantan pertama,di pedalaman pulau Kalimantan,ada juga yang sampai ke wilayah Sumatra,Sulawesi,yaitu suku mantawai,nias,Manado.(suku Dayak, mantawai,nias,dan Manado)masih satu rumpun..lihat juga suku yang ada di filipina,hampir sama dan satu rumpun......mohon maaf jika salah,ini hanya sebuah pemikiran...
Puruan Langit (1 year ago)
Kerajaan terawal seperti Kutai, Brunei Tua, Tidung/Bulungan, Paser, Nansarunai, etc, itu semuanya kerajaan Dayak.
Puruan Langit (1 year ago)
Banyak info yang salah, dari kisah nenek moyang kami, tidak ada namanya Dayak terdesak hijrah ke Borneo krna kalah perang dan juga tidak ada kisah nenek moyang kami mengatakan Dayak terdesak masuk ke pedalaman krna didesak suku-suku pendatang. Dayak itu petani dan mereka masuk ke pedalaman utk mencari lahan baru, bukannya didesak...
imbran (1 year ago)
dayak itu lebih maju peradabannya hanya saja di tutup tutupin segala perahu,pakaian musik bahkan bahasa nasional kita ini bnyaaak DLL dari dayak dan konon kerajaan Dayak tertua itu Berlapis Emas
Stephen Leo (1 year ago)
Sya Melanau dari Sarawak,Borneo..
ARRY KEPPOW (1 year ago)
siapa yg pernah liat dayak buntut hayoo..
Tibel Com (1 year ago)
Hidup dayak..!! Saya juga orang dayak kenya
Fedor Kakikuluka (1 year ago)
Salam ngagai semua Dayak ku tu ari sarawak borneo.
koma koma (1 year ago)
pusing bacanya,,,, intinya Dayak ada di Kalimantan bukan karna kalah Perang,buang image itu,,, mrka bisa ada di klimtn karna imigrasi besaran di dunia dan rempah kmi byk...OK BRO? Ingat sub dayak bisa sampai 500sub....jdi byk kesamaan crtax dan ada juga history yg beda.. salam Budaya.
Wien Ali (1 year ago)
I love Indonesia.
abang loren (1 year ago)
TUTUH NYA TIOP AKAL NYA MIDOP
Ricky Bungas (8 months ago)
abang loren narai rimai
eet sambas (1 year ago)
dayak tetap dayak cinta tetap cina,, jangan samakan kami sama cina
AISHA SYIFA (1 year ago)
aku asli kalimantan selatan dayak banjar
abu sofyan (1 year ago)
Tpi sya tdk tgal di kalimantan lgi sya sudah di medan sejak usia 2 thn
abu sofyan (1 year ago)
Tanting slam dari sya bubuhan dayak
abay net (1 year ago)
ulun dayak Kalimantan tengah... INI Kara bujur wall ae.... yg ngomong ni orang China
Kristin Endang Djaja (5 months ago)
abay net , jangan benci orang Cina, benci perbuatannya boleh. Dan siapa tahu memang ada gen dari Cina, hanya tes DNA yang bisa membuktikan. Ditunggu siapa yang mau meneliti secara ilmiah DNA Dayak & Cina.
dayak sama red indian bukan kah satu ras.ras melayu.
ka gawa (1 year ago)
aku juga suku Dayak kalbar
abu sofyan (1 year ago)
Banyak bual nya ni video,jauh bngat cerita nya awan pedatuan ku dahuluk beceritak,salam saya suku kalimantan dari sumut
Yunus Roni (2 months ago)
Saya dayak kenya lepo tau, yang distu, lepo kulit bukan kenya kah, dan yg ku tanya lagi, saya punya teman lundaye, mereka bilang kerayan itu adalah lundaye, kerayan adalh nama sebuah desa, dan lundaye itu adalh nama suku nya, itu aja yg ku tanya kan, terima kasih, dan salam dari dayak apo kayan.
tanting pohon (1 year ago)
abu sofyan ...say dayak jga tanah borneo kita
PREZERZ BLED (1 year ago)
saya suky dayak asal kalimantan :)
KALIMANTAN: Kangen Lihat Mantan 😭
Raze Kaze (1 year ago)
Oh satu lagi, saya gak peduli dengan video diatas mengenai kalah perang atau menang, tapi tolong mindsetnya mengikuti dong science, teknologi, dan agama juga harus rasional dan fungsional untuk yang menonton video ini, terima kasih.
Oscar Ases (1 year ago)
aduhh.. baulah kisa yg kd jelas pulang yg m.upload nih.. mangisah akan jati diri suku orang tp pakai kata konon . sudah pasti kd bujur tuh ... jangan maulah kisah hanyar gasan mendapat duit . kd usah mangisah akan sejarah orang mun kd tahu kaypa yg sabujurnya . disambat pendatang dari mana" kah jr td . m.ngungsi gara" kalah perang jr... ingan sejarah suku dayak belum pernah kalah perang yg intinya.. selagi kd di usik ganggu kami cinta damai.. salam suku dayak . salam sejahtera NKRI ." jangan terpengaruh brita ga jelas indonesia cinta damai "
Timi Agusando (1 year ago)
Dayak asli kalimantan bukan pendatang
hr chanel (1 year ago)
salam dari kalimatan selatan
hr chanel (1 year ago)
salam dayam
Paul Kamayo (1 year ago)
merampot jak. sok tau ni pengarang
Kinoy Pantulax (1 year ago)
cerita nya tu gac asli cerita nya kmi suku dayak bukan peranakan suku lain . .. asal ngomng aja tu orang
Adil kak talino bacuramin kak saruga basengat kajubata.
Nikolas Ridwan (1 year ago)
arus aruuusss
Leo S (1 year ago)
Dayak itu pribumi asli Kalimantan hanya berberapa Efasi singosari-majapahit- Ke Kalimantan besar besar an Jd berbaur baek dengan suku jawa Trahir orang Mataram (jogja-solo) sultan agung Menyinggah i pulau kalimantan barat dan selatan Dan seluruh y.. Ini bhs singkat y . Jadi saya asli orang jawa Jangan mengejek suku dayak dan jawa Kata simbah saya dulu Nasi tampa lauk Orang jawa dan dayak Dayak terkenal Baek dulu pas datang di Jogja Tp emang adat kita beda Bahasa y kita hampir sama Dan kepercayaan an y sama Dayak dan jawa Itu ada isti ada sm Hanya beda cara tp tetep sm .. Mohon maaf sebelumnya Jd bagi suku Jawa hormat i suku dayak jangan kata kata kasar Dan bagi orang dayak Hormat i lah kami Klu bhs y kasar tidak punya sopan itu orang jawa barat Trima kasih mohon maaf bila kata dan kata saya kurang tepat dan sopan I love bumipertiwi kalimatan Dayak contoh untuk Indonesia
Sayyid Arachman (1 year ago)
salam smua sodara ku.. saya dari dayak kapuas... yah.. kita suku dayak harus tetep kompak mempertahan kan adat2 borneo... salam smua sodara ku
Dian Alhadi490 (14 days ago)
salam saya dr suku banjar kalsel , saudara kalian dr kalimantan
Triyo Cahyobo (2 months ago)
Salam saya dari suku dayak.kalimantan barat..dayak linoh
Fahru Kamsiah (4 months ago)
Sayyid Arachman salam kenal saudara saya di paser kaltim.
Rion Aldo (5 months ago)
salam saya dari suku dayak lawangan
Junjung Busu (1 year ago)
Dayak adalah suku agama adalah tuntunan Ama yang kuasa Tuhan, adat budaya leluhur perlu dijaga dan dilestarikan
erik prasetyo (1 year ago)
ini tidak benarrr ngaworrrrr.
Maryanto Punya (1 year ago)
salah kalau perpindahan itu di angap tidak tenang. dayak senang berburu binatang, itu sebapnya orang dayak senang berpindah-pindah.
S.O.S GAMING 5547 (1 year ago)
sy ngaju
S.O.S GAMING 5547 (1 year ago)
hidup dayak
sonia aja (1 year ago)
mohon maaf saya orng asli kalimantan timur dn saya jga orng dyak..entah sya blm tau tntang asal usul suku saya sndri,,,yg saya tau dayak dan jga paser itu sama sekali tidak ad beda.a hanya saja yg terkenal adlah nma dayak karna bma dayak itu adalh nma suku tertua d kalimantan BORNEO tpi klw kalian blng bahwa suku dayak dn paser itu beda maka kalian slah..walau pun yg kita tau bhasa masing" suku dayak berbedabeda tpi ttp kami semua sedarah DAYAK & PASER saudara slm .KALTIM BORNEO
Khairnullah Jakasetia (3 months ago)
Jangan lupakan juga Melayu
ARRY KEPPOW (1 year ago)
Douglas su lu sip
ARRY KEPPOW (1 year ago)
Douglas su lu sip
Hamidah MaySyifa (1 year ago)
Benar banget.. suku dayak hanya penyebut baru... jaman dulu, kerajaan kutai, paser, banjar, dll istilah dayak belum ada ... org kalimantan lebih kepada sub suku yang penamaan nya di sandarkan ke tempat asal.. itu juga berlaku sampai sekarang, buhan paser, buhan kutai, buhan banjar, buhan pahuluan, buhan sampit, dll.
Andik Ss (1 year ago)
di gempur majapahit,
Andik Ss (1 year ago)
ngakak sendiri kaya orng gila gue baca komen2nya
Jem 4884 (1 year ago)
salam dari kami anak dayak kalimantan..
Feronika Mening (1 year ago)
percizz cerita samA dgn cerita almarhum moyang ku dll.
Feronika Mening (1 year ago)
percizz cerita samA dgn cerita almarhum moyang ku dll.
Ria Riana (4 months ago)
Mantap neng
Feronika Mening Hi feronika 👋😉
Muhmmd Rudy (1 year ago)
kpn* dayak dri cina saya suku asli dayak pasir
Fitri Ani (1 year ago)
Saya paser
TAN Chandra (1 year ago)
saya Kenyah
HLD (1 year ago)
memngungkap berdasarkan imajinasi atau apa nih -_- sakti bener pengetahuannya
Yongki Irawan (1 year ago)
udah jangan comen yg lain2 selama masih diam diindonesia masih sama aja kita semua orang indonesia
irwan meynaky (1 year ago)
yaku asli uluh dayak bakumpai
Haritus Aris (1 year ago)
salam dayak bersatu kalbar
Veronica Estefien (1 year ago)
irwan meynaky narai habar ?? Yaku bawi dayak bakumpai
marlisha uding (1 year ago)
Aku dayak Sarawak... dayak suku trbesar di borneo
Lim Swee King (10 months ago)
Didek Chong sama lah
Khairul Jr (1 year ago)
hidup dayak ngaju
Riyan Setyawan (1 year ago)
hidup dayak aku jawa asli yg jadi pengagummu.
Rajawali Kdl (10 months ago)
jawa cinta suku dayak...jgn mw di provokasi oleh oknum yg tdk bertanggung jawab...
eet sambas (1 year ago)
emang kenapa??
Muhammad Rochmatulloh (1 year ago)
Riyan Setyawan dibayar berapa lu vroh
Muhctiar am (1 year ago)
transaksi
Alfatih Rizki (1 year ago)
berarti masih sodara sedarah jawa,kita aman kan NKRI jangan mau di adu domba ,
elpias Dendy (1 year ago)
Sebagian besar yg telah sikatakan dalam rekaman ini. Tetapi masih bayak lagi terukap asal2 mereka contoh dayak bidoyih yg tinggal di kalbar,serwak dan kaltim dari segi etis sama akan tetapi bahasa berbeda dedikit perbedaan bahasa mereka akan tetapi mereka adalah dayak bidoyih yg ada di kalabar.bidoyih tojua,panca bunuo,mundun,sami,tinyig,kopa,mudu,maett dan bunyak.masing2 mereka lain bahasa tetapi mereka ini dayk bidoyih. Perbedaan bahasa tidak masalah karena asalmusul yg berbeda dan memiliki sejarah yg unik dimasa lampau tapi bagian besar mereka menyemunyikan asal 7sus mereka dan tak mau di ugkap hinga sekarang paling org mau bercerita kepada anak cucu mereka dan tak mau memper luaskan dan dayak ini adalah:DAYAK BIDOYIH BUNYAK. hingga memiliki perbedaan bahasa,dari ini saya tapu pun dari tugas sekolah yg telah memberi tugas untuk saya semasa saya masih sekolah.
petrus ak 69 (1 year ago)
hidup dayak
sonny ciunk (1 year ago)
nakainya dayak bukan pendatang...inya dik tahu apa apa tentang borneo

Would you like to comment?

Join YouTube for a free account, or sign in if you are already a member.